Rabu, 20 Oktober 2010

Profil


Profil Suku Bajo Sumbawa

Anak-anak Labuhan Bajo
      Suku bajo dikenal sebagai pelaut ulung yang hidup matinya berada diatas lautan, khususnya suku Bajo yang berada di kabupaten sumbawa. Laut merupakan tempat mencari napkah sehari-hari. Bahkan mayoritas dari suku Bajo Sumbawa yatiu Nelayan hal ini saya angkat dari tempat saya dilahiran Yaitu Desa Labuhan bajo Kecamatan Utan, kabupaten Sumbawa NTB.

Desa Labuhan Bajo Merupakan Desa yang terletak dikecamatan Utan Kabupaten sumbawa. Adapun Mayoritas Suku yang tinggal di Desa ini yaitu Suku Bajo. Banyak orang mengira kalo Suku Bajo itu berasal dari Sulawesi selatan. tapi Menurut sepengetahuan saya suku Bajo Sumbawa sudah ada sejak Penjajahan Jepang dan Belanda. 
Pada Zaman dulu Masyarakat Bajo menempati sebuah pulau yang ada di Selat alas yaitu Pulau Panjang. Oleh karena itu dipulau Panjang terdapat banyak makam-makam leluhur masyarakat bajo, bahkan terdapat tokoh makam tokoh leluhur adat Suku bajo yang dikeramatkan. Oleh karena itu para penduduk Desa labuhan bajo, Pulau bungin, Pulau Kaung, labuhan Burung, labuhan mapin dan Desa tano pun Kerap Berziarah kemakam Keramat ini. Kerena konon ceritanya penduduk Desa labuhan bajo, Pulau bungin, Pulau Kaung, labuhan Burung, labuhan mapin dan Desa tano adalah berasal dari Pulau Panjang. Desa-desa keturunan Bajo ini menyebar karena adanya penjajahan Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar